Rabu, 17 November 2010

E. PENCEMARAN DAN PENYAKIT – PENYAKIT YANG MUNGKIN TIMBUL

E. PENCEMARAN DAN PENYAKIT – PENYAKIT YANG MUNGKIN TIMBUL


Pencemaran dalam tambang dan sekitarnya bisa terjadi oleh gas-gas, logam-logam atau persenyawaan-persenyawaannya dalam bijih-bijih yang timbul dalam tambang, misalnya tambang mangan mengandung resiko keracunan tambang mangan, tambang air raksa mengandung resiko keracunan air raksa, demikian pula dengan tambang- tambang lainnya.

Gas-gas yang mempunyai lingkungan pertambangan berasal dari gas-gas yang secara alam memang telah adapada tambang atau oleh gas-gas yang terjadi akibat proses yang terjadi dalam tambang seperti akibat kebakaran atau ledakan. Selain itu gas-gas beracun CO, H2S dan methan, juga gas-gas yang tidak beracun seperti O2 karena kadarnya dibawah normal bisa menyebabkan kelainan pada tubuh, bahkan bila kadarnya 6 – 8% atau lebih kurang dari itu bisa menimbulkan ekematian. Demikian pula dengan gas CO2 bila kadarnya bertambah akan mengakibatkan mati lemas.

Penyakit – penyakit yang timbul selain penyakit cacing Anclyostomiasis yang disebabkan oleh cacing Anclyostomaduodenale dan Nector Americanus juga penyakit Pneumokoniosis yang disebabkan oleh debu tambang seperti anthracosis, silicosis, dan stanosis.


SUMBER :
Santoso, B, 1999, “ilmu lingkungan industri”, Universitas Gunadarma, Depok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar