Rabu, 10 November 2010

PEMBANGUNAN YANG TERLANJUTKAN

PEMBANGUNAN YANG TERLANJUTKAN

Faktor lingkungan yang diperlukan untuk mendukung pembangunan yang terlanjutkan yaitu :
1. Terpelihranya proses ekologi yang esensial
2. tersedianya sumber daya yang cukup
3. lingkungan sosial budaya dan ekonomi yang sesuai

ketiga faktor tersebut tidak saja mengalami dampak dari pembangunan, tetapi juga mempunyai dampak dari pembangunan.

Proses Ekologi

Energi yang diperlukan dalam proses ekolgi di dapat dari matahari. Jika terjadi kerusakan pada proses ekologi akan membahayakan kehidupan di bumi ini. Di sini diuraikan beberapa proses yang terpenting :
 Fotosintesis
Fotosintesis adalah proses esensial untuk menjaga kelangsungan hidup di bumi. Biasanya dilakukan oleh tumbuhan hija. Pada proses ini energi matahari di ubah menjadi energi kimia yang terkandung dalam bahan organik tumbuhan. Energi ini yang dipakai untuk kehidupan mahluk hidup lain yang tidak dapat melakukan fotosintesis, misalnya manusia, hwan, jasad renik. Fotosintesis juga menghasilkan gas oksigen yang digunakan iuntuk bernafas mahluk hidup.
Kehidupan di air juga di topang oleh fotosintesis, yang dilakukan oleh para plankton ( tumbuhan ber sel satu yang melayang dalam air). Dari oksigen di dalam atmosfer terbentukgas ozon. Gas ozon berfungsi melindungi bumi dari sinar ultra violet, yang berbahaya bagi mahluk hidup yang ada di bumi.
 Penambatan Nitrogen
Nitrogen (N). Udara mengandung kira – kira 80% nitrogen. Tetapi gas nitrogen yang begitu banyak tersebut tidak berguna bagi manusia dan sebagian besar mahluk hidup lain. Untunglah ada mahluk hidup yang dapat menambat nitrogen udara di bumi ini. Mahluk hidup penambat nitrogen udara yang hidup bebas berupa bakteri dan ganggang biru – hijau. Penambatan nitrogen udara mempunyai peranan penting bagi kehidupan yaitu menjaga kesuburan tanah dan perairan. Kita juga banyak sekali membutuhkan pupuk N, misalnya urea.
Jika terjadi kerusakan pada kemampuan penambatan nitrogen udara, akan dapat mengacaukan daur nitrogen. Untuk itu kta harus menjaga kemampuan lingkungan untuk menambat nitrogen. Pemupukan N yang berlebihan dapat menghambat aktivitas mahluk penambat nitrogen udara. Pencemaran juga dapat mematikan atau menggangu kehidupan mahluk itu, sehingga kemampuan penambat nitrogen udara akan menurun.
 Penyerbukan
Penyerbukan suatu tepung sari dengan satu atau lain cara menempel pada kepala putik bunga. Setelah terjadi penyerbukan, tepung sari membuahi sel telur yang ada dalam bakal buah. Setelah pembuahan, bakal buah akan tumbuh menjadi buah. Penyerbukan dapat terjadi secara ilmiah, oleh angin, arus air, serangga , burung, kupu-kupu dan hewan lain. Jika populasi hewan penyerbuk tadi menurun akan mengganggu proses penyerbukanbanyak jenis buah. Dari itu kita menjaga agar peristiwa penyerbukan tidak terganggu.


SUMBER :
Santoso, B, 1999, “ilmu lingkungan industri”, Universitas Gunadarma, Depok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar