Rabu, 10 November 2010

HUBUNGAN LINGKUNGAN DENGAN PEMBANGUNAN

HUBUNGAN LINGKUNGAN DENGAN PEMBANGUNAN

Karena eningkatan usaha pembangunan maka akan terjadi pula peningkatan penggunaan sumberdaya untuk menyokong pembangunan dan menimbulkan permasalahan-permasalahan dan lingkungan manusia.
Dalam pembangunan, sumber daya alam merupakan komonen yang penting dimana sumber daya alam ini memberikan kebutuhan azasi bagi kehidupan. Dalam penggunaan sumber daya alam tadi, hendaknya keseimbangan ekosistem terpelihara. Sering kali karena meningkatnya kebutuhan akan hasil proyek pembangunan, keseimbangan ini bisa terganggu, yang kadang-kadang bisa membahayakan kehidupan umat manusia.
Proses pembangunan mempunyai akibat-akibat yang lebih luas terhadap lingkungan hidup manusia, baik akibat langsung maupun akibat sampingan seperti penguranga sumber daya alam secara kuantitatif dan kualitatif, pencemaran biologis, pencemaran kimiawi, gangguan fisik dan gangguan sosial – budaya.
Kerugian – kerugian dan perubahan – perubahan terhadap lingkungan perlu diperhitungkan denga keuntungan yang akan diperoleh dari suatu proyek pembangunan. Baru setelah itu di susun pedoman – pedoman kerja yang jelas bagi berbagai kegiatan pembangunan baik berupa industri atau bidang lain, yang memperhatikan faktor pelindung lingkungan hidup manusia.


SUMBER :
Santoso, B, 1999, “ilmu lingkungan industri”, Universitas Gunadarma, Depok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar